Senin, 28 Mei 2012

Morkes-Burhanuddin Makin Mapan


Suarakalbar.com - Ketika banyak calon gubernur yang masih mencari dukungan dari partai politik, Morkes Effendi bergerak cepat. Komunikasi politik secara tingkat tinggi dijalin, bukan saja di Pontianak, melainkan juga di Jakarta. Tidak tanggung-tanggung, tokoh masyarakat Sambas, Burhanuddin Ar Rasyid diboyong sebagai pasangan.

"Ya, kami sering bertemu untuk berdiskusi. Terakhir, Pak Burhanuddin datang ke Ketapang, ketika saya mengadakan acara dengan masyarakat," kata Morkes Effendi, ketika ditanya Suara Kalbar.
Kedekatan Morkes dengan Burhanuddin sudah dijalin sejak sama-sama menjadi Bupati di Kalbar. Morkes pernah menjadi Bupati Ketapang sejak tahun 2000-2010. Sementara, Burhanuddin menjadi Bupati Sambas sejak 2001-2011. Boleh dikatakan, Burhanuddin adalah tokoh wilayah utara Kalbar, sementara Morkes menjadi tokoh wilayah selatan Kalbar.
"Kami ingin menghubungkan kekuatan utara dan selatan di sepanjang pantai Kalbar. Mudah-mudahan membangkitkan semangat masyarakat, bukan hanya di pesisir, tetapi juga pedalaman. Tetapi, sampai sejauh ini, belum ada keputusan resmi," ujar Gusti Hersan, tokoh Partai Golkar Kalimantan Barat.
Partai Golkar sama sekali tak membutuhkan partai lain untuk mengusung pasangan sendiri. Akan tetapi, partai ini tetap melakukan komunikasi dengan partai-partai lain.
"Di pemerintahan pusat, kami kan bergabung dalam Sekretariat Gabungan. Jadi, kami berkomunikasi dengan Partai Demokrat, PAN, PKS, PPP, dan PKB. Namun tak menutup diri untuk partai-partai lain," ujar Adang Gunawan, sekretaris DPD Partai Golkar Kalbar.
Sementara itu, Ketua Balitbang DPP Partai Golkar, Indra J Piliang, menyampaikan bahwa kemungkinan duet Morkes-Burhanuddin sangat besar.
"DPP Partai Golkar belum memberikan keputusan resmi. Mungkin akhir April 2012. Tapi Ketua Umum Aburizal Bakrie menegaskan pentingnya komunikasi dengan semua partai, terutama yang bergabung di pemerintahan nasional. Bagaimanapun, Kalbar membutuhkan dukungan politik maksimal dari pusat," ujar Indra J Piliang.
Dari status facebook Dato Morkes Effendi, bisa dibaca pertemuan Morkes dengan Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Fadel Muhammad, didampingi oleh Indra J Piliang dan Adang Gunawan. Pertemuan itu terjadi pada hari Rabu, tanggal 14 Maret 2012.
"Pertemuan biasa saja. Kami banyak bicara soal Kalbar ke depan," ujar Morkes, ketika ditanya soal pertemuan itu.  Namun, kelihatan sekali Morkes semakin sumringah usai pertemuan itu.

Apa itu lampu hijau dari DPP Partai Golkar? Kita lihat saja nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar