Senin, 28 Mei 2012

Masyarakat Sambas Dukung Burhan-Morkes ke Pilgub 2012

Morkes Effendi, Burhanuddin A Rasyid
EQUATOR, SAMBAS--Adat Melayu memanjangkan silaturahmi, dibentangkan dengan saling berkunjung antara utara dan selatan. Dan ribuan warga pun menyambut kedatangan Sekjen Lembaga Adat Budaya Melayu Serantau (LAMS) Kalbar Dato' Sri H Morkes Effendi SPd MH di Sambas, Ahad (8/4).
Morkes yang diiringi tanjidor dan regu pencak silat disambut Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Sambas Ir H Burhanuddin A Rasyid, untuk menuju kediamannya di mana ribuan warga sudah menanti.
“Selamat datang Sekjen LAMS Kalbar Dato' Sri H Morkes Effendi,” ucap Tajilli pembawa acara silaturahmi yang disambut gemuruh tepuk tangan yang hadir.
H Masud Sulaiman selaku ketua panitia mengungkapkan, silaturahmi yang dilaksanakan LAMS, MABM, dan masyarakat Kabupaten Sambas merupakan cerminan budaya Melayu yang harus ditiru.
“Kabupaten Sambas merupakan wadah Melayu Kalbar. Sudah saatnya Melayu Kabupaten Sambas turut ambil bagian menjadi yang terbaik di Kalbar, serta mampu memajukan daerah ini,” sambut Ketua DPRD Sambas itu.
Ini kunjungan balasan Morkes kepada Burhanuddin yang beberapa waktu lalu silaturahmi ke Ketapang. Burhanuddin A Rasyid dalam sambutannya mengungkapkan, MABM merupakan organisasi masyarakat dan bukan organisasi politik. Tetapi dalam politik, kata Burhan, MABM dipersilakan memberikan hak poltiknya.
“Kalau Golkar bisa mencalonkan gubernur, sedangkan MABM hanya mengusulkan saja. Jadi silakan MABM memberikan hak politiknya untuk kemajuan Kalbar. Saya selaku Ketua MABM Kabupaten Sambas dengan ini menyatakan akan maju dalam Pilgub Kalbar 2012,” seru Burhanuddin yang disambut ribuan warga dengan yel-yel “Hidup Burhanuddin!”
Morkes Effendi mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat masyarakat Kabupaten Sambas yang tidak diduga begitu antusias. “Kami datang bukan sembarang datang. Kami datang untuk kemajuan Kalbar mendatang. Di hadapan masyarakat saya juga izin meminta Pak Burhanuddin maju bersama saya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar,” ujar Morkes bersemangat disambut tepuk riuh masyarakat.
Morkes mengajak semua bersatu dan harus bersatu padu untuk perubahan Kalbar. Sekali maju, katanya, pantang kita mundur ke belakang. “Saya berdialog soal pilgub dan akan meminang Pak Burhanuddin bukan baru sekarang. Dua tahun lalu sudah kami bicarakan di Pontianak,” ungkap Morkes.
Mengilas pertemuan dua tahun lalu, Pak Burhan akan saya ambil untuk mendampingi saya. “Dan sekarang saya akan meminta Pak Burhan menjadi wakil saya pada Pilgub Kalbar 2012,” seru Morkes disambut hangat dan tepuk tangan hadirin.
Di akhir acara silaturahmi, MABM Kabupaten Sambas diwakili H Darwis, dari Perguruan Kiber Kalbar diwakili H Rusli serta Pemuda Melayu diwakili Hanafi, menyampaikan pernyataan dukungan penuh kepada Ir H Burhanuddin A Rasyid maju sebagai Gubernur atau Wakil Gubernur Kalbar.
“Kami menyatakan sepakat mendukung Pak Burhan, kami akan memberikan motivasi dan meyakinkan masyarakat memenangkan Burhanuddin,” tegas mereka membacakan rekomendasi dukungan kepada Burhanuddin. (edo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar