Rabu, 06 Juni 2012

DPP PAN dan PKS Usung Morkes-Burhan

Senin, 4 Juni 2012

PPP, antara Tambul Husin atau Armyn

Pontianak – Sehari sebelum pendaftaran kandidat ke KPU Kalbar, masih ada ombak menggoyang perahu pengusung. Kabar terakhir, DPP PAN menyusul PKS mengeluarkan SK mengusung pasangan Morkes Effendi- Burhanuddin A Rasyid.
Sumber yang layak dipercaya menyebutkan SK penetapan DPP PAN tertanggal 31 Mei 2012 itu ditandatangani Wakil Ketua Umum Dradjad H Wibowo dan Sekretaris Jenderal Taufik Kurniawan.
Dalam SK itu juga menginstruksikan kepada DPW PAN Kalbar, seluruh jajaran pengurus dan kader memperjuangkan, mendukung, dan berpartisipasi aktif melakukan sosialisasi dan atau kampanye serta memilih pasangan Morkes Effendi-Burhanuddin A Rasyid.

SK dikabarkan juga menegaskan jajaran pengurus DPW PAN Provinsi Kalbar, pengurus DPD, pengurus DPC dan pengurus DPRt, kader di legislatif dan kader di eksekutif yang tidak melaksanakan surat keputusan ini akan mendapatkan sanksi organisasi. Sementara itu, SK DPP PKS juga menetapkan dukungan buat pasangan Morkes-Burhan ini. SK yang ditetapkan di Jakarta tertanggal 7 Mei 2012 itu diteken Presiden Lutfhi Hasan Isha dan Sekretaris Jenderal M Anis Hatta.

Ketika dikonfirmasi, Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Kalbar Adang Gunawan SE enggan berkomentar banyak. Ia mengatakan sejauh ini komunikasi dengan PAN dan PKS baik-baik saja dan mendapat sambutan baik, terutama terhadap pencalonan Pak Morkes-Burhan maju di pemilukada.
“Yang jelas sudah tidak ada masalah lagi. Selain itu partai-partai yang juga bergabung ke Golkar ada PKNU, PPI, Pakar Pangan, dan PBR. Menyusul partai politik lainnya. Termasuk PPP juga sudah menjalin komunikasi yang baik untuk Kalbar ke depan,” katanya dihubungi Equator via seluler, Minggu (3/6).

Kepanitiaan sedang dibentuk dan pendaftaran direncanakan bersamaan saat deklarasi parpol pengusung. “Usai deklarasi kita langsung mendaftarkan Pak Morkes dan Pak Burhan ke KPU,” jelasnya.
Mengenai kepastian PPP apakah ikut bergabung bersama Partai Golkar untuk mengusung dan memenangkan pasangan ini, Adang mengatakan masih dilakukan komunikasi yang intensif dengan pengurus PPP. “Besar kemungkinan PPP juga akan merapat ke kita. Mudah-mudahan saja,” harap dia.

Sementara itu, Ketua DPW PPP Kalbar H Ahmadi Usman SAg belum bisa dikonfirmasi terkait arah dukungan partainya. Sebelumnya, PPP sudah menyatakan berkoalisi dengan PAN, PKS, PBR, dan Partai Hanura serta PBB yang dideklarasi 1 April lalu. Ternyata Partai Hanura merapat ke Armyn dengan bargaining cawagubnya adalah Ketua DPD Hanura Kalbar. Sebagai partai tua di perpolitikan Indonesia, PPP Kalbar yang akan mendukung Tambul Husin atau Armyn belum jelas mau mencalonkan siapa untuk wakilnya. Yang pasti akan menambah pecahnya suara untuk menantang incumbent jika memilih Armyn. (jul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar